Februari 16, 2018

AUDIO VIDEO DEPARTEMENT PROFILE VIDEO

Salah satu bagian yang menjadi bagian pamungkas sesorang yang berada di jenjang sekolah adalah tugas akhir. Mengingat saya memilih untuk menjadi seorang siswa yang menggeluti dunia Audio Video, maka tugas akhir saya adalah membuat sebuah proyek Video.

Berbeda dengan siswa lain yang membuat video lucu atau parodi, saya memilih untuk membuat sebuah video profil, dan kali ini, video profil yang saya buat adalah tentang Jurusan yang saya pilih yaitu Teknik Audio Video. Bagi saya, membuat video parodi atau bertema lucu memang tidak salah, tapi hal itu mudah untuk dibuat. Tapi saya memilih sesuatu yang lebih menantang dengan membuat sebuah video profil.

Saya tidak memilih terlalu banyak kru. Saya menggarap proyek ini hanya berdua dengan salah satu teman saya, Ikhsan Seandi Wibowo. Saya memilih demikian karena saya memang mencari yang memiliki visi dan misi yang sesuai dengan saya, dan beliau adalah orang yang cocok.

Ini adalah cuplikan disaat kami mewawancari Bapak Kepala Program Teknik Audio Video, Bapak Mustari, S.Pd.
(sumber: Video)

Saya juga tidak menggunakan kamera panggul, yang mana digunakan oleh hampir semua kelompok. Saya hanya menggunakan sebuah kamera DSLR milik sekolah dan milik saya. Karena menurut kami, hal itu lebih efisien, dan memang hasil yang kami dapatkan lebih cocok bagi kami.

Kami menggarap ini dalam tempo yang relatif singkat, yaitu 3 minggu. Dalam waktu itu, kami merancang shoot yang akan kami gunakan, siapa saja narasumber dalam video ini, dan bagaimana kami akan mengalurkan video ini.

Ini adalah cuplikan disaat kami mewawancarai siswa yang berada di jurusan Teknik Audio Video. Mereka adalah Prio Suta Pamungkas (kiri) dan M. Diqi (kanan). (sumber: Video)

Memang, skill dan pengalaman kami belum banyak, tapi setidaknya kami ingin keluar dari zona nyaman dan mendobrak batas-batas yang ada selama masih berada dalam koridor yang aman.

Kami berusaha untuk terus berpikiran terbuka dan menerima semua masukan yang ada agar video ini menjadi lebih baik dan sesuai dengan apa yang kami harapkan.

Memang, awalnya tidak mengenakkan, tetapi lambat laun usaha kami berhasil dan tidak sia-sia. Video kami dapat dikumpulkan pertama, sebelum semua video dari kelompok lain dikumpulkan dalam kelas kami.

Ini adalah cuplikan pada saat kami mewawancarai salah satu guru Teknik Audio Video, Ibu Atmawati, S.Pd.
(sumber: Video)

Kami mendapatkan pujian dari alumni karena video kami cukup aneh. Bapak dan Ibu guru kami pun mengapresiasi karya yang kami buat.

Kini, video tersebut dapat ditonton melalui YouTube. Silakan klik tombol dibawah untuk bisa menonton video profil kami. Ini adalah langkah awal menuju karya-karya kami yang akan datang.

Tonton Video

Seorang D.O.P sekaligus Video editor yang berfokus pada Travel Video. Baru memulai jenjang kariernya dalam bidang videografi, maka sangat haus akan ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
EDEN PEMALANG
+62 857 4264 4583

Pemalang, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.