Agustus 01, 2018

CO-LEADER of JATEAM

Tugas saya sudah selesai pada hari ini. Akhirnya setelah kurang lebih 2 tahun berkecimpung dan bergelut di dunia jurnalistik, saya akhirnya bisa menyelesaikan dan menyerahkan tanggungjawab ini ke generasi berikutnya.

Selama 2 tahun ini saya bergelut di dunia jurnalistik, khususnya Jurnalis Siswa. Saya tergabung dalam sebuah organisasi sekolah yang bernama JATeam (Journalist Amga Team). Kami bertanggungjawab untuk mengabarkan kepada masyarakat sekolah maupun umum tentang event yang berlangsung dari sekolah, baik yang bertempat di dalam maupun diluar sekolah.

Kami sering pulang sore, kehujanan, kepanasan, lelah karena berlari larian, meninggalkan pelajaran untuk beberapa waktu, karena tugas ini. Seorang jurnalis harus giat dan cekatan melihat sebuah momen. Tergantung pada Job Desk kita,kita harus jeli melihat keadaan dan membuat kesimpulan yang seimbang.

Ini adalah tanda tugas yang dimiliki oleh semua anggota JATeam. Disana tertera nama, spealisasi, dan NISN. Yang membuat ini istimewa karena tidaklah mudah mendapatkannya. Dan sekali mendapatkannya, kami mendapat banyak keuntungan untuk bertugas. (Foto:Eden)

Sebagai Fotografer, saya harus cepat membuat pengaturan kamera agar foto yang diambil sesuai dengan keinginan. Sebagai Videografer, saya juga harus cepat dalam mengambil momen. Melihat semuanya dari sudut pandang yang lain sehingga video yang dihasilkan tidak biasa-biasa saja. Sebagi News Writter, saya harus bisa menyimpulkan dengan seimbang semua fakta yang ada dan perlu sangat berhati-hati agar tidak menyampaikan opini atau pendapat pribadi.

Selama berada didalam organisasi ini, saya memegang tanggung jawab sebagai Co-Leader (Wakil Ketua) yang sebenarnya sekaligus ketua. Karena Leader kami adalah pengurus OSIS maka tidak akan bisa memegang dua tanggung jawab sekaligus, maka semua hal yang berada didalam organisasi ini menjadi tanggungjawab serta ranah saya.

Ini adalah masa dimana kami harus meliput kegiatan PPAB (Penerimaan Peserta Ambalan Baru). Dalam kegiatan ini kami diwajibkan untuk menginap guna mendapatkan berita yang faktual. (Foto:Eden)

Pada masa tugas saya, kami membuat banyak sekali kemajuan. Terlebih karena JATeam adalah organisasi yang baru lahir ketika saya mendapatkan tanggungjawab ini. Maka saya harus membuat manuver agar organisasi ini bisa mendapat posisi seperti organisasi lainnya di sekolah.

Saya harus berpikir berkali-kali agar kami bisa mendapatkan kepercayaan untuk izin meninggalkan pelajaran, atau izin berangkat sekolah untuk mengikuti rapat padahal itu adalah hari libur. Atau mungkin terpaksa harus menginap di sekolah jika ada kegiatan yang mengharuskan kami menginap disekolahan.

Ini adalah foto ketika kami mendapat tugas untuk mendapat liputan pada saat peringatan HUT Pemalang ke 443. (Foto:Eden)

Kemampuan videografi dan fotografi serta kemampuan berbahasa kami sangat diuji disini. Kami harus bisa mengikuti semuanya termasuk mewawancari orang-orang penting yang terlibat dalam sebuah acara.

Kini tugas saya usai sudah. Dilanjutkan oleh Veno Setyoaji Wiratama yang menjadabat sebagai Leader tahun berikutnya. Selamat menikmati pergerakan dan kegiatan ini. Semoga kita akan dikenang oleh seluruh masyarakat sekolah dan mendapat tempat yang layak sebagai pioneer media jurnalis siswa di SMK N 1 Ampelgading.

Seorang D.O.P sekaligus Video editor yang berfokus pada Travel Video. Baru memulai jenjang kariernya dalam bidang videografi, maka sangat haus akan ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
EDEN PEMALANG
+62 857 4264 4583

Pemalang, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.