Januari 23, 2019

GEMBLUNG SHORT MOVIE

Tepat setelah YouTube Rewind Pemalang selesai diedit dan kemudian diunggah, saya dihubungi untuk membantu mengerjakan salah satu proyek film pendek yang disutradari oleh Nana Sri Marhenisme yang berada di bawah payung Sineas Pelajar Pemalang.

Dalam proyek ini saya dipasrahi tanggung jawab sebagai Produser dan Behind The Scene. Sebenarnya penggunaan nama produser agak rancu karena bukan saya yang menggelontorkan dana dalam proyek ini. Mungkin lebih tepatnya saya ada di bagian Production Manager, karena yang saya kerjakan adalah memastikan semua divisi bisa menyelesaikan tugas mereka masing - masing, sekaligus memantau pengeluaran uang.

Zendy (Kiri) dan Husen (Tengah) sedang mempersiapkan lightstand beserta LED Light yang digunakan untuk proses produksi. Dibelakangnya pembina kami, Rendy sedang menuju lokasi produksi untuk memberi dukungan kepada kami. (Foto: Eden)

Tugas saya rangkap dengan Behind The Scene karena memang dalam proyek ini, kami kekurangan tenaga. Dan karena tugas saya tidak terlalu banyak pada saat produksi, saya bisa mengerjakan dua hal ini sekaligus. Memang perlu banyak koreksi, tapi kinerja saya cukup untuk menyelesaikan tugas ganda saya ini.

Proyek ini sudah berlangsung cukup lama. Dan sempat mandeg karena kekurangan daya dorong dari motor penggerak. Tetapi akhirnya, kami bisa menyelesaikan tugas - tugas yang seharusnya kami kerjakan dari beberapa waktu lalu.

Afi Ressa Maulana (D.O.P) sedang memantau jalannya proses produksi melalui monitor eksternal agar gambar dapat dilihat dengan lebih jelas dan misfocus bisa dihindari. (Foto: Eden)

Kami mengerjakan proyek besar ini selama 2 hari 4 malam mulai dari hari Jumat (18/1) malam hingga Minggu (20/1) malam di wilayah Kabupaten Pemalang, tepatnya Desa Surajaya. Kami memutuskan untuk menginap, karena untuk efisiensi waktu, tenaga, dan sumberdaya.

Proyek ini didanai oleh Sinema Pantura sebesar Rp. 5.000.000,-. Angka yang cukup besar untuk sebuah film pendek. Tetapi mengingat barang yang kami butuhkan cukup banyak untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang tidak asal karya, kami menggunakan dana sebanyak itu.

Afi Ressa Maulana (D.O.P) sedang menggunakan Focus Ring untuk mengatur fokus pada saat proses produksi film pendek Gemblung. (Foto: Eden)

Dana sebanyak itu kami gunakan untuk menyewa alat, kebutuhan konsumsi, penginapan, dan perijinan. Selain itu, kami juga menggunakan dana itu untuk memberikan uang transport untuk talent dan extras.

Berkat dukungan dari seluruh tim, pembina, dan pihak - pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, akhirnya proyek ini berhasil kami selesaikan.

Seorang D.O.P sekaligus Video editor yang berfokus pada Travel Video. Baru memulai jenjang kariernya dalam bidang videografi, maka sangat haus akan ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
EDEN PEMALANG
+62 857 4264 4583

Pemalang, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.