Desember 31, 2018

YOUTUBE REWIND PEMALANG 2018
Sekitar bulan September 2018 saya bergabung dengan salah satu komunitas YouTuber di wilayah tempat saya tinggal. Sebulan kemudian, saya dipercayai untuk mengordinasi sebuah proyek perdana yang komunitas ini adakan. Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena yang saya harus segera menyesuaikan diri di atmosfer yang baru dan memimpin sebuah proyek yang cukup besar. Ditambah lagi ini adalah YouTube Rewind Pemalang yang pertama, sehingga hal ini harus menjadi contoh untuk yang berikutnya.

Dalam proyek kali ini, saya dibantu oleh Faiq Maolana, yang menjadi Co-Coordinator. Saya memulai proyek ini dengan mengumpulkan seluruh anggota komunitas ini. Dan setelah sudah terkumpul semua, saya segera membagi tugas mereka masing - masing agar kami dapat bersama - sama menyelesaikan proyek perdana ini.

Kami memutuskan untuk membuat rapat sebanyak 3 kali sampai akhirnya siap untuk diadakan proses produksi (Shooting). Pada pertemuan ketiga, kami semua sudah siap, karena semua proses sudah dijelaskan dengan sangat panjang lebar kepada seluruh tim produksi maupun talent.


Hujan tidak menghalangi tim produksi YouTube Rewind Pemalang 2018 untuk berhenti. Kami memanfaatkan apapun yang kami miliki agar proses ini dapat terselesaikan. (foto: Prio)

Proses produksi kami laksanakan selama 6 hari yang berlangsung 3 minggu (2 hari seminggu). Beberapa tempat wisata kami datangi guna memperkental nuansa Pemalang. Judul Pemalang Pusere Jawa juga kami angkat berdasarkan suara terbanyak, mengingat slogan ini menjadi sangat terkenal dan cukup viral pada tahun 2018.

Setelah proses shooting yang berminggu - minggu, akhirnya kami dapat menyelesaikan tahap tersebut. Berlanjut ke tahap editing (post production). Kami mengedit menggunakan 2 perangkat berbeda selama 2 minggu agar video yang dihasilkan dapat sempurna dan sesuai harapan.

Saya (kiri) dan Faiq Maolana (Kanan) setelah menyelesaikan produksi di Pantai Widuri Pemalang. (foto: Hafit)

Ini adalah proyek pertama saya dalam komunitas YouTuber Pemalang ini, dan saya cukup bangga dengan kinerja tim. Memang ada banyak hal yang perlu kami secara pribadi maupun kelompok perlu koreksi, tetapi untuk awalan, saya merasa hal ini sudah cukup baik.

Semoga di proyek berikutnya, komunitas ini dapat lebih berkembang dan kualitas konten dan kinerja kami dapat senantiasa diperbaiki dari waktu ke waktu.

YouTube Rewind Pemalang 2018 sudah bisa dinikmati melalui YouTube. Silakan cari YouTube Rewind Pemalang 2018 di kolom pencarian, maka hasil kerja keras kami dapat ditemukan disana. Behind The Scene juga sudah ada disana dan bisa dinikmati pula.

Seorang D.O.P sekaligus Video editor yang berfokus pada Travel Video. Baru memulai jenjang kariernya dalam bidang videografi, maka sangat haus akan ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
EDEN PEMALANG
+62 857 4264 4583

Pemalang, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.