April 14, 2019

QUALITY OVER QUANTITY
Beberapa waktu lalu, saya mendapat sebuah ide untuk mengangkat sebuah tema dalam bentuk video dengan tipe semi dokumenter. Pada proses kali ini saya dibantu oleh HERO248 a.k.a Mas Odi dan ketua YouTuber Pemalang, mas Danny Laksana. Saya juga menyantumkan beberapa adegan sinematik yang dibantu oleh Ika Isna Risanti.

Awalnya, saya sempat tersentak oleh pandangan beberapa orang mengenai seni. Mereka menganggap bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan seni bisa dilakukan dengan seadanya, padahal seni bukanlah merupakan sesuatu yang seadanya. Seni harus dilakukan dengan sepenuh hati, atau dengan kata lain dengan semampunya.

Saya secara pribadi tidak bermasalah jika kualitas yang mereka buat tidak terlalu bagus, karena memang itu hal yang relatif, saya merasa tersentak oleh pendapat mereka tentang seni itu sendiri. Hal itu menjadi keresahan pribadi saya dan saya memang sudah bertekad untuk membuat video yang berisi isi hati saya tentang hal itu.

Salah satu cuplikan yang ada dalam video saya yang berjudul "Quality over Quantity". (sumber: video)

Saya mengerjakan video ini dengan relatif singkat. Saya mempersiapkan semuanya dalam kurang lebih 3 hari. Awalnya saya membuat konsep mentah yang kemudian harus saya kembangkan lagi. Kemudian, saya mulai mencoba untuk membuat Shot List untuk video ini, hal ini sangat memudahkan saya dalam proses produksi. Musik juga saya mulai pertimbangkan supaya mood bisa sesuai dengan apa yang saya harapkan.

Saya membagi proses produksi dalam 2 tahapan. Tahapan pertama adalah ketika saya mengambil adegan sinematik. Adegan ini saya pasang di akhir video dengan tujuan menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana, asalkan kita memiliki pola pikir yang sesuai tentang seni itu sendiri, hal itu dapat berkesan dan memiliki nilai seni.

Ini adalah momen dimana Mas Danny Laksana menyuarakan pendapatnya soal kualitas konten. (sumber: video)

Proses yang kedua adalah ketika saya mendapatkan kesempatan untuk mewawancari salah satu pelantun lagu Hip Hop yang sudah kondang di Pemalang, HERO284. Beliau saya tanyai tentang hal-hal yang menjadi unek-unek saya, dan benar saja memang bagi beliau seni seharusnya bukan soal kuantitas, tetapi kualitas.

Saya juga sempat bertanya kepada Mas Danny Laksana yang merupakan Ketua YouTuber Pemalang sekaligus Vokalis sebuah band lokal. Dan memang pandangannya senada dengan HERO284 dan saya. Salah satu kutipan dari apa yang beliau katakan adalah, "Seni itu Semampunya, bukan Seadanya."

Kali ini mas Odi a.k.a HERO284 ketika beliau memberikan pendapatnya kepada semua penonton video. (sumber: video)

Ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa untuk saya secara pribadi. Saya mendapatkan kesempatan luar biasa yang bisa membuat saya memiliki sudut pandang yang lebih luas tentang hal ini.

Bagi teman-teman yang ingin menonton video saya, silakan klik tombol dibawah.

Seorang D.O.P sekaligus Video editor yang berfokus pada Travel Video. Baru memulai jenjang kariernya dalam bidang videografi, maka sangat haus akan ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
EDEN PEMALANG
+62 857 4264 4583

Pemalang, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.