April 12, 2019

LANTAS SHORT VIDEO

Akhirnya videoku telah usai dan diterima dengan baik. Kini video tersebut bisa dinikmati oleh seluruh pengguna instagram dengan mengunjungi Instagram @satlantas_pml. Melalui postingan ini saya ingin berbagi cerita mengenai bagaimana aku menyelesaikan tugas ini.

Awalnya aku mendapat kenalan yang merupakan tim videografi Satlantas Pemalang. Beliau adalah Adhe Chandra Sujatmiko. Beliau adalah seorang fotografer yang cukup dikenali dan karyanya diminati orang banyak. Jika ingin melihat hasil foto beliau bisa kunjungi di Instagram @adhe_cand.

Salah satu adegan yang ada di video tersebut. (sumber: video)

Ketika saya bertemu beliau awalnya beliau tidak mengenal saya sebagai D.o.P atau Videoeditor. Kami hanya tergabung dalam sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah event yang akan berlangsung di Pemalang. Sampai pembicaraan kami menuju ke dunia YouTube dan akhirnya Om Adhe (begitu saya biasa memanggil) mengerti bahwa saya adalah seorang YouTuber yang sekaligus Videoeditor.

Akhirnya Om Adhe memberikan saya sebuah pekerjaan kecil - kecilan untuk menyelesaikan sebuah proyek dari Satlantas Pemalang ini. Video ini adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang menghimbau pentingnya sadar hukum dan memperhatikan keselamatan berkendara.

Salah satu adegan yang ada di video tersebut. (sumber: video)

Di awal pengerjaan proyek ini ada salah satu kendala yang menjadi penghalang yang cukup berat untuk saya. Karena bukan saya yang mengambil gambar, maka ada banyak footage yang tidak bisa saya bayangkan sudut pandangnya. Selain itu, ada beberapa pemilihan angle yang kurang cocok menurut saya untuk menggambarkan suatu keadaan tertentu.

Tetapi karena saya berusaha untuk lebih profesional dalam hal ini, dan dukungan serta arahan yang jelas dari Om Adhe, saya bisa menyelesaikan proyek ini dengan cukup singkat. Untuk video dengan durasi kurang lebih 3 menit, saya membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Waktu ini relatif singkat jika dibandingkan dengan proses pengerjaan proyek lain yang saya miliki.

Seorang D.O.P sekaligus Video editor yang berfokus pada Travel Video. Baru memulai jenjang kariernya dalam bidang videografi, maka sangat haus akan ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me

Contact Us
EDEN PEMALANG
+62 857 4264 4583

Pemalang, Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.